25 November 2020 10:44:19
Ditulis oleh Admin

Setelah Deklarasi, Pengurus Desa Sehat Mata Sembungrejo Susun Program Kerja

Pengurus Desa Sehat Mata Sembungrejo melaksanakan rapat koordinasi penyusunan program kerja di Balai Desa Sembungrejo, Selasa (17/11/2020).

Acara tersebut dihadiri tim dari Yayasan Paramitra, UPT Puskesmas Temandang, Pengurus Desa Sehat Mata, dan Perangkat Desa.

Desa Sembungrejo merupakan desa kedua di Kabupaten Tuban yang mendeklarasikan diri sebagai Desa Sehat Mata pada 20/10/2020.

Dengan visi menjadikan masyarakat Desa Sembungrejo yang mandiri dalam menghadapi gangguan mata. Desa Sehat Mata Sembungrejo mempunyai misi diantaranya masyarakat Desa Sembungrejo mendapatkan sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan mata, mampu menanggulangi masalah kesehatan mata dan mendapatkan pelayanan kesehatan mata secara mudah.

“Untuk langkah awal kita fokus pada sosialisasi dan skrining pada kelompok – kelompok tertentu, serta pelatihan2 kader. Setidaknya masyarakat mengetahui tentang kesehatan mata, baru kita melangkah ke step selanjutnya” terang Nurul, Ketua Desa Sehat Mata Sembungrejo.

Perwakilan dari Yayasan Paramitra (April) menyampaikan bahwa yang terpenting dari Desa Sehat Mata yaitu masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan mata.

Program kerja yang disusun diantaranya Sosialisasi dan Skrining kepada kelompok masyarakat seperti Jama’ah tahlil remaja dan umum, Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Tani (POKTAN), Karyawan Sarang Burung Walet, serta Posyandu Lansia. Untuk langkah awal juga akan diadakan pelatihan untuk kader atau pengurus Desa Sehat Mata. Kemudian setiap semester akan diadakan evaluasi program kerja sebagai bahan untuk pengambilan kebijakan dan program kerja selanjutnya.

Kepala Desa Sembungrejo menambahkan bahwa Pemerintah Desa siap memfasilitasi dan mendukung program kerja Desa Sehat Mata. (NA/SBRJ)

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus