23 Mei 2020 17:19:18
Ditulis oleh Admin

Secercah Asa Ditengah Pandemi

http://sembungrejo-merakurak.desa.id/ - Sinar harapan ditengah pendemi Covid -19 bagi warga Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mulai menebar. 

Bantuan dari Pemerintah Desa yang dialokasikan dari Dana Desa berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) akhirnya tersalurkan, Sabtu (23/05). Gayung  bersambut menjemput hari fitri 1441 H dengan gembira.

Pemerintah Desa Sembungrejo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap 1 kepada Keluarga Penerima Manfaat di Balai Desa Sembungrejo.

Hal tersebut mengacu pada Instruksi Menteri  Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia Nomor 1 Tahun 2020 tentang percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebelum tanggal 24 Mei 2020.

Sebanyak 107 keluarga penerima manfaat (KPM) menerima uang tunai sebesar Rp. 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) untuk penyaluran tahap 1 (bulan Mei) ini. Dengan tertib, bantuan diserahkan terbuka di balai desa. Meski antrian mengular, namun senyum ceria terpancar diwajah para warga.

Kegiatan tersebut dikawal langsung oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta dalam pengawasan BPD. Hadir pula Pendamping Desa, tim Pendata BLT-DD, dan satgas covid-19 Desa Sembungrejo.

Semua pihak bersinergi dalam mengatur kelancaran penyaluran bantuan tersebut. Karena antusias warga yang begitu tinggi akan menerima bantuan menjelang lebaran.

“akhirnya dengan disalurkannya BLT-DD tahap 1 ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi yang semakin merebak ini. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin agar dananya bisa cair sebelum lebaran. Alhamdulillah bisa dibagikan menjelang lebaran dan semoga bermanfaat bagi masyarakat”, terang Kepala Desa Sembungrejo, Khafidz.

Diketahui sebelumnya bantuan BST-kemensos yang sudah disalurkan sempat menimbulkan polemik dimasyarakat. Karena jumlah penerimanya hanya sedikit, sehingga menimbulkan protes warga yang tidak menerima bantuan.

Mereka berkilah tidak menerima bantuan dari pemerintah baik PKH, BPNT, BPNTD, BST-Kemensos dan bantuan lainnya. Padalah semua masyarakat merasakan dampak covid-19 secara finansial.

Namun dengan penyaluran BLT-DD hari ini, akhirnya dapat meredam gejolak di masyarakat. Warga yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan sangat merasa terbantu dan berterima kasih kepada pemerintah desa. Kini warga desa menyambut lebaran dengan penuh asa ditengah pandemi yang merajalela.(NA/SBRJ).

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus