02 Maret 2021 11:03:18
Ditulis oleh Admin

Camat Merakurak Meresmikan BUMDES "Sukses Mandiri" di Desa Sembungrejo

Camat Merakurak (Breddy Arianto M.Ap) didampingi Sekretaris Camat (Sumartaja ,S.Sos, MM) meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Dusun Semampir, Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, Senin (1/3/2021). Acara yang digelar oleh Pemerintah Desa ini dihadiri oleh Pendamping Desa, Bhabinsa, Perangkat Desa, BPD, serta masyarakat.

Acara diawali dengan sambutan dari kepala Desa, dilanjutkan persemian secara simbolik oleh Camat Merakurak yaitu dengan pemotongan pita. Kemudian dilanjutkan peninjauan isi toko pertanian milik BUMDES tersebut.

BUMDES yang diberi nama “Sukses Mandiri” ini bergerak di bidang usaha perdagangan sarana produksi (Saprodi) pertanian. Yaitu menjual bibit, obat-obatan, pupuk, dan juga kebutuhan lain seperti alat kelistrikan, air mineral dan lain sebagainya.

“Bumdes ini sebagai langkah awal dalam mempersiapkan apabila kedepannya Pemerintah Pusat meniadakan Dana Desa, sehingga Desa Sembungrejo bisa mandiri mengandalkan Pendapatan Asli Desa (PAD) sebagai salah satu sumber keuangan desa” tutur Khafidz, Kepala Desa Sembungrejo.

Dalam sambutannya camat Merakurak menyampaikan dukungannya semoga BUMDES “Sukses Mandiri” dapat berkembang sesuai dengan ekspektasi masyarakat dan mudah – mudahan menjadi contoh untuk desa-desa yang lain di kecamatan Merakurak. Dan ke depannya bisa membuka unit – unit usaha baru sesuai dengan potensi yang ada di desa serta memasarkannya dengan kecanggihan teknologi seperti media sosial dan lain sebagainya.

Tujuan dibentuk BUMDES yaitu meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutusan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan serta pemerataan ekonomi desa.

Sebagai salah satu lembaga ekonomi yang ada di desa, keberadaan BUMDES diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa. (NA/SBRJ)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus