Artikel

Laporan Realisasi APB Desa Sembungrejo Tahun 2020

28 April 2021 06:43:02  Admin  218 Kali Dibaca  Anggaran Desa

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintah desa yang bersih, transparan dan akuntable, Pemerintah Desa Sembungrejo melaksanakan publikasi pertanggung jawaban APB Desa tahun 2020. Publikasi dilakukan melalui pemasangan banner yang berisi realisasi APB Desa beserta foto- foto kegiatan fisik yang sudah dilaksanakan juga melalui media sosial serta website resmi desa.

Sesuai dengan Peraturan Desa no. 1 tahun 2021 tentang Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran dan Belanja Desa tahun anggaran 2020 secara global dicantumkan realisasi pendapatan desa sebesar Rp. 1.611.606.928,20, realisasi belanja desa sebesar Rp. 1.704.935.943,00 dengan Silpa sebesar Rp. 146.685.868,81.

Adapun rincian penggunaan Dana Desa yaitu untuk mendanai Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebesar Rp. 367.450.000, Penanggulangan Covid-19 sebesar Rp. 30.037.000, Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebesar Rp. 3.000.000, Pembayaran Internet Desa Sebesar Rp. 23.941.672,  serta Pembangunan Fisik sebesar Rp. 537.022.800.

Pembangunan Fisik dilaksanakan di 2 dusun yaitu Dusun Banaran dan Dusun Semampir meliputi  Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), Pembangunan Rumah Tak Layak Huni (RTLH), Pembangunan Jalan lingkungan (rabat beton), Pembangunan Polindes, Penerangan Jalan Umum (PJU), Rehab Balai Desa, serta Pembangunan Taman Desa.

Kegiatan fisik tersebut menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa, Bagi Hasil dan Pendapatan Asli Desa.

Khafidz, Kepala Desa Sembungrejo menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Sembungrejo berkomitmen untuk transparan dalam mengelola dana yang tercantum dalam APB Desa.

“kami selalu berusaha menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan aturan yang ada, seperti dalam mengambil kebijakan maupun penggunaan dana selalu melibatkan BPD sebagai pengawas di desa, sehingga dapat berjalan dengan baik”imbuhnya.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mempunyai peran yang strategis untuk ikut mengawal penggunaan dana desa yaitu mulai dari rancangan APB Desa, pelaksanaan kegiatan – kegiatan yang tertuang dalam APB Desa sampai laporan realisasi APB Desa tiap tahunnya.

Kepala Desa juga menyampaikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) secara tertulis kepada BPD setiap akhir tahun anggaran. Wargapun bisa ikut mengawasi penggunaan dana dengan melihat kondisi riil pembangunan di lapangan dan mencocokkan dengan dengan APB Desa. (NA/SBRJ)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban Adalah Kita

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Senori - Sugihan Merakurak Tuban
Desa : Sembungrejo
Kecamatan : Merakurak
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62355
Telepon :
Email : sembungrejomu@gmail.com