09 Juni 2021 10:59:20
Ditulis oleh Admin

Sosialisasi dan Pembentukan Pokja Pendataan Berbasis SDGs

http://sembungrejo-merakurak.desa.id/ - Pemerintahan Desa Sembungrejo melaksanakan Pembentukan Pokja Pendataan berbasis SDGs & IDM di Balai Desa Sembungrejo (28/05/2021). Dihadiri BPD, Pemerintah Desa, Pendamping Desa, serta unsur kelembagaan desa seperti RT, RW, Karang Taruna, dan PKK. Pada Kesempatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi terkait SDGs sebagai informasi dasar kepada masyarakat sebelum pendataan dimulai.

Pemutakhiran IDM tahun 2021 berbasis SDGs Desa merupakan pemutakhiran data IDM yang lebih detail dan mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 21/2020, data SDGs adalah milik desa, sehingga pendataan SDGs Desa dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris. Pada intinya mengambil data pada level desa, RT, keluarga dan warga.

Merujuk pada permendesa PDTT Nomor 21/2020 pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran SDGs Desa adalah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa yang terdiri dari Pembina (Kepala Desa), Ketua (Sekretaris Desa) dan sekretaris (Kasi Pemerintahan Desa). Anggota terdiri dari unsur perangkat desa, RT,RW, Karang Taruna, dan PKK. Mitra yaitu pendamping desa, Bhabinsa, dan Bhabinkamtibmas. Proses pendanaan SDGs Desa didanai oleh Dana Desa disesuaikan dengan kebutuhan desa dan kemampuan keuangan desa. (NA/SBRJ).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus