18 Desember 2019 09:56:18
Ditulis oleh Admin

Belajar KIP Bersama Sang Motivator

http://sembungrejo-merakurak.desa.id/ -Tuban - Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah dua mata uang yang terintegrasi dengan Website Desa. Kesempatan kali ini, tak terelakkan dirasakan oleh peserta di  hari kedua pelatihan optimalisasi website desa di ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD Kabupaten Tuban pada Selasa (17/12) pagi.

Materi yang disuguhkan sangat apik dan mengisnpirasi. Pemateri dari Tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi dari Desa Kauman Kabupaten Bojonegoro kala itu menyajikan ilmu baru bagi peserta dari operator website desa di 3 kecamatan yang berbeda. Yakni dari kecamatan Merakurak, Jenu dan Kerek.

Ide kreatifitas yang dilontarkan seputaran kiat – kiat menjadi desa yang transparan, informatif dan akuntable yang diterapkan di desa Kauman mulai dari tahun 2018 sampai dengan saat ini.

Salah satu dasar hukum yang dijadikan acuan adalah Undang – Undang No. 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Keterbukaan informasi publik sebenarnya untuk melindungi desa itu sendiri, jika informasi yang dipublikasikan melalui website desa sudah lengkap dan sesuai dengan aturan dan ketentuan” tutur Anryza, salah satu pelopor TPID Desa Kauman.

Keberhasilan desa Kauman mengelola website desa tak lepas dari komitmen bersama dari Kepala Desa, pemerintah desa, lembaga desa dan warga desa itu sendiri. Serta dukungan pendanaan yang dianggarkan di APBDes yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Hal tersebut mengacu pada Permen Desa PDTT No. 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 yang berbunyi “Desa dapat menggunakan Dana Desa untuk membiayai kegiatan penyebaran informasi pembangunan desa dengan cara mengadakan peralatan yang dibutuhkan untuk menyebarkan informasi, maupun menggunakan Dana Desa untuk membiayai pengelolaan kegiatan keterbukaan informasi pembangunan Desa’.

Beberapa pertanyaan terkait pengalaman dan tata cara pengelolaan website desa diajukan oleh peserta. Pertanda hidupnya kegiatan inspiratif yang digagas oleh PWI Kabupaten Tuban bersam PT. Semen Indonesia,Pabrik Tuban.

Acara ini sangat menginspirasi dan memotifasi operator desa sehingga bisa lebih aktif dalam update informasi maupun berita di website desa masing – masing. Dan kedepannya website desa bukan hanya menjadi media informasi untuk publik namun juga sebagai media komunikasi dan media pelayanan untuk masyarakat desa.

Diketahui, bahwa Desa Kauman, Kabupaten  Bojonegoro  adalah desa yang mendapatkan penghargaan dari KIP Jatim yaitu Kategori Penyedia Informasi Berkala Terbaik, Penyedia Informasi Setiap Saat Terbaik, Penyedia Layanan Informasi Terbaik dan Badan Publik Menuju Informatif. (NA/SBRJ)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus