15 Mei 2020 10:36:58
Ditulis oleh Admin

Terima Bantuan Hibah, KWT Cempaka Bagikan Bibit Kepada Anggota

Kelompok Wanita Tani (KWT) mempunyai peran strategis dalam peningkatan perekonomian keluarga disektor pertanian. KWT juga berperan aktif dalam pemenuhan dan penganekaragaman pangan keluarga.

Di kecamatan Merakurak ada 2 desa yang menerima bantuan hibah dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban yaitu Desa Borehbangle dan Desa Sembungrejo. Salah satu KWT yang menerima bantuan hibah Program Optimalisasi Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan tersebut adalah KWT Cempaka Desa Sembungrejo.

Kamis pagi (7/5/2020) KWT Cempaka  melaksanakan kegiatan serah terima atau pembagian bibit kepada anggota kelompok di Balai Pertemuan Dusun Semampir.  Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa, Pengurus Kelompok, anggota kelompok dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL).

Ketua KWT Cempaka Sembungrejo, Nurul Afifah menyampaikan bahwa kelompoknya menerima bantuan hibah kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahun 2020. Bantuan yang diterima berupa bibit buah, benih sayuran, media tanam, pupuk dan juga green house. Untuk Green House di droping  Kamis (30/4/2020) sedangkan bibit dan lainnya diterima  Selasa (5/5/2020) .

Lebih lanjut Wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Dusun Semampir itu menambahkan bahwa kelompok mengajukan proposal ditahun 2019 dan akhirnya realisasi bulan Mei ini. Dia berharap kelompoknya aktif bercocok tanam meski ditempat yang terbatas dan dapat mengelola bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Di Desa Sembungrejo ada 3 kelompok wanita tani yaitu Mawar, Cempaka dan Anggrek. Dan untuk tahun ini KWT Cempaka yang mendapat bantuan. Jadi tolong dimanfaatkan dengan baik, dipelihara dan dirawat sebaik mungkin sehingga dapat diambil manfaatnya untuk kelompok” terang Khafidz, Kepala Desa Sembungrejo.

Dalam kesempatan tersebut PPL Desa Sembungrejo (Edi Suryono) juga memberikan penyuluhan kepada kelompok. Materi penyuluhan terkait KRPL, cara membuat media tanam dipolibag, cara budidaya tanaman buah di pekarangan, dan cara pembibitan sayuran di lahan sempit.

Pria yang sudah belasan tahun bertugas di Merakurak tersebut menyampaikan bahwa tumbuhan adalah jantung kehidupan, jadi jika alamnya lestari desanya menjadi lestari. Dia berharap KWT cempaka guyup rukun dalam mengelola bantuan ini, dan dia siap membantu  serta membimbing kelompok apabila ada kesulitan. (NA/SBRJ)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus