26 Agustus 2016 15:38:09
Ditulis oleh Admin

Sejarah Desa

Sejarah Desa Sembungrejo terdiri dari gabungan dua wilayah yaitu dusun Semampir dan dusun Banaran. Sembung berasal dari bahasa jawa yang berarti gabungan dan Rejo yang berarti ramai, jadi Sembungrejo artinya gabungan dua wilayah semampir dan wilayah banaran supaya lebih ramai.

Sejarah dusun Banaran dan Semampir : Pada jaman dahulu kala, para wali yang dipimpin yang oleh Sunan Bonang memerintahkan muridnya untuk menebang pohon jati di dusun koro desa pongpongan. Batang pohon tersebut akan dibawa ke Demak untuk dibuat menjadi tiang masjid demak  bintoro.

Dalam perjalanan itu, Syeh Abdullah yang merupakan salah seorang wali berhenti sejenak untuk memastikan daerah yang disarankan oleh Syeh Sunan Bonang sudah benar atau belum, dan daerah itu dinamai dusun Banaran karena ternyata benar daerah tersebut sudah mendekati lokasi yang dituju. kemudian setelah berjalan sebentar, rombongan itu berhenti sejenak yang dalam bahasa jawa disebut mampir. Karena merupakan tempat mampirnya rombongan sebelum sampai dilokasi tujuan yaitu dusun koro desa pongpongan, maka daerah tersebut sekarang dinamai dusun Semampir.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus